Film Dokumenter 2014: The Life Itself (Steve James)

Life ItselfInilah sebuah kisah yang tergolong memiliki narasi ideal film dokumenter Hollywood. Narasinya mirip-mirip dengan narasi neo-klasik yang berdasar pada: cerita tiga babak, motivational shot, editing menurut kesatuan ruang dan waktu serta tokoh utama model ideal (archetypal) yang hidupnya berjalan mirip seperti kisah from zero to hero. Ditambah dengan dedikasi dan rasa cinta sebagai pembicaraan utama, jadilah ini film yang sering diistilahkan sebagai heartwarming, film yang memberi rasa sendu dan damai di hati sesudah menontonnya.

Cinta dan dedikasi dalam film dokumenter ini kepada sinema, medium yang mungkin paling penting dan mencapai puncak kematangannya di abad keduapuluh yang baru lalu. Lewat tokoh kritikus film dari Koran Chicago Sun Times, Roger Ebert, medium itu diberi wajah personal dan kecintaan yang menggelora dan intelek pada saat yang sama. Ebert adalah salah seorang yang berada di garis paling depan dalam mencari dan merumuskan peran medium itu di dalam masyarakat. Bukan sekadar pencarian ‘nilai sosial’ atau ‘nilai kultural’ di luar makna hiburan, tapi justru dengan menegaskan bahwa hiburan itu punya nilai sosial dan kultural yang begitu penting pada saat transisi pergantian abad lalu menuju abad ini. Medium film yang dicurigai oleh orang-orang seperti pemikir aliran Frankfurt, Theodor Adorno, justru kemudian direngkuh ke dalam pelukan orang banyak, berkat orang seperti Ebert yang turut memberi makna penting bagi medium itu.

Mungkin lewat film dokumenter ini kita diajak melihat bahwa kecintaan terhadap medium itu memang begitu alamiah dan menjadi bagian sehari-hari yang tak terhindarkan. Karena di atas medium film, cinta Ebert pada film hanya bisa ditandingi oleh kecintaannya terhadap kehidupan itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s