Film Dokumenter 2014: Citizen Four (Laura Poitras)

Citizen FourAda perubahan besar dalam politik kontemporer kita, yaitu ketika kata kebebasan, freedom atau padanannya liberty, telah berganti nama menjadi privasi. Hak politik warga negara sudah berubah karenanya. Politik sudah mengalami personalisasi karena dalam keadaan seperti ini, berlaku sebuah asumsi umum: negara menganggap semua warganya patut dicurigai, kecuali apabila terbukti lain. Sutradara Laura Poitras berada di garis depan perjuangan politik kontemporer itu ketika ia berada di tengah-tengah pusat badai untuk melaporkan apa yang kemudian dikenal sebagai tornado besar bernama skandal penyadapan negara Amerika Serikat terhadap warganya sendiri.

Laura memfilmkan saat-saat wartawan The Guardian, Glenn Greenwald baru saja mendapat bocoran dari Edward Snowden, pegawai kontrakan NSA yang kemudian menjadi seorang whistle blower paling terkenal abad ini. Maka film dokumenter ini bagaikan sebuah political thriller, yang lintas batas, dari Hongkong, Rio de Janeiro, Washington DC, London hingga Berlin.

Tentu Laura tak bisa menceritakan semua kisah itu secara utuh karena Snowden kemudian menjadi besar dan berkembang menjadi semacam ikon yang penting, termasuk ketika tokoh seperti Julian Assange yang selama ini berada di garis depan, ikutan di dalamnya. Jangkauan kamera Laura terbatas, dan ia sendiri berada dalam keadaan tak aman sehingga harus mengungsi ke Berlin dan berhubungan dengan Snowden dan Greenwald melalui bahasa kode dan mencari-cari saluran yang aman. Maka film ini jadi seperti menjadi kesaksian seorang letnan yang berada di garis depan, menemani sang jenderal dan kolonel yang sedang mengatur pasukan di sebuah era peperangan yang baru. Ketika menyimak baik-baik dokumenter ini, saya merasakan sensasi yang sama serunya dengan menonton trilogi Jason Bourne.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s