Film dokumenter favorit: Videogram of the Revolution (Harun Farocki dan Andrei Ujica, 1992)

Hukuman mati bagi diktator ini ditayangkan di televisi. Terkadang revolusi memang ditayangkan di sana!
Hukuman mati bagi diktator ini ditayangkan di televisi. Terkadang revolusi memang ditayangkan di sana!

Rumania, 1989. Negeri ini sedang berubah secara besar-besaran. Dari waktu ke waktu, peristiwa demi peristiwa akan menentukan seperti apa hidup yang dijalani oleh bangsa ini secara bersama-sama. Detik dan menit jadi penting, angin bisa berubah setiap saat, dan siapa bisa menduga apa yang akan terjadi dalam hitungan beberapa menit ke depan?

Pada tahun 1992, pembuat film Jerman kelahiran Republik Ceko, Harun Farocki bersama sutradara asal Rumania bernama Andrei Ujica mengumpulkan potongan gambar mentah (footage) dari berbagai sumber: kamera para pembuat video amatir dan siaran-siaran TV. Seluruh materi itu mereka jahit untuk menggambarkan detik demi detik yang amat menentukan bagi Rumania. Kita tahu awal dan akhir kisah itu bagi Rumania. Inilah sebuah tahun penting ketika salah seorang diktator besar Eropa Timur dipermalukan dengan diadili di depan TV, dihukum mati dan mayatnya yang tergolek di tepi jalan dipampang di televisi dan disambut tepuk tangan orang sebangsa.

Hal penting menyeruduk dari film ini: media audio visual, televisi, adalah pusat pusaran sejarah. Perhatikan sejak awal film ketika Caucescu berhenti sejenak dari pidatonya, tak yakin apakah semua yang berada di bawah kekuasannya berjalan lancar-lancar saja. Dengan memusatkan perhatian pada televisi, kedua pembuat film ini berhasil menggambarkan saat-saat paling dinamis dari gelombang perubahan besar yang menentukan wajah dunia jauh ke depan. Kemudian, lihat bahwa yang namanya publik itu didefinisikan oleh apa yang tayang atau tidak tayang. Interaksi antara penonton dan televisi menentukan apa yang mereka percaya atau tidak percaya dan langkah yang perlu diambil. Inilah contoh terbaik dari sebuah kemungkinan bahwa media juga sebuah ruang, sebuah tempat dimana yang penting bagi kehidupan bersama ditentukan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s