Film dokumenter favorit: Public Housing (Frederick Wiseman, 1997)

Percakapan di tepi jalan semacam ini ternyata cukup berharga untuk didokumentasikan
Percakapan di tepi jalan semacam ini ternyata cukup berharga untuk didokumentasikan

Frederick Wiseman adalah seorang pembuat film dokumenter yang prolifik dengan karya berjumlah puluhan. Berbagai topik ia bahas, pada umumnya ia bicara mengenai problem kegagalan institusi sosial politik, tapi ia tak pernah berhenti di situ. Dalam berbagai literatur, Wiseman dikenal sebagai salah satu pelopor observational documentary di Amerika, yang biasa dikenal dengan direct cinema. Tapi saya tak terlalu peduli pada kategori macam ini, saya rasa Wiseman juga begitu. Karya-karyanya bicara jauh melampaui kategori dan bukan semata karya untuk membangun jargon politik demi advokasi. Ia selalu berhasil membangkitkan kesadaran lebih jauh tentang manusia dan lingkungannya.

Wiseman dan film seperti Public Housing ini mungkin jadi amat penting dalam konteks sinema di Amerika yang kelewat percaya pada struktur drama tiga babak dan kejar-kejaran mobil (atau variasinya) sebagai daya tarik utama film. Wiseman mengingatkan bahwa drama itu bisa dibentuk dari situasi mendesak yang dihadapi oleh orang sehari-hari, atau semata percakapan sehari-hari tentang soal-soal yang dianggap penting oleh orang-orang biasa. Bagi saya, film seperti ini akhirnya membuat sadar bahwa hiburan bisa terkait dengan perenungan tentang sekitar, bukan sekadar melarikan diri dari kenyataan.

Maka drama adalah hidup itu sendiri, seperti seorang tua yang sedang mengalami pengusiran dari rumahnya dan tak tahu harus tinggal dimana. Drama juga adalah sebuah rapat komunitas menentukan seperti apa sikap mereka terhadap kebijakan baru pemerintah kota, dan berbagai soal kecil lainnya. Drama adalah hidup itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s