Film dokumenter favorit: F is for Fake (Orson Welles, 1973)

Orson Welles berlaku sebagai pesulap yang menyajikan tipuan. Siapa menipu dan siapa ditipu dalam film dan karya seni?
Orson Welles berlaku sebagai pesulap yang menyajikan tipuan. Siapa menipu dan siapa ditipu dalam film dan karya seni?

Berkisah tentang dua orang yang dianggap penipu terbesar dalam sejarah manusia: Elmyr de Hory dan Clifford Irving. De Hory dikenal sebagai seorang peniru lukisan yang mampu meniru lukisan siapapun sehingga pelukis aslinya pun tertipu. Sedangkan Irving adalah penulis otobiografi palsu Howard Hughes (seorang tokoh penting dalam dunia penerbangan Amerika ). Bersandar pada biografi Elmyr de Hory, kisah ini kemudian menjadi sebuah investigasi yang dalam mengenai pemalsuan dan otentisitas, dengan Orson Welles sebagai narator. Yang menarik dari karya ini adalah jalinan cerita yang amat sadar diri dan berlapis-lapis antara kisah nyata dan cerita rekaan sejarah, termasuk kisah yang disajikan oleh Oja Kodar, seorang aktris pacar Orson Welles yang mengaku menjadi model 22 lukisan karya Pablo Picasso.

Film ini termasuk yang melanggar dengan semena-mena batas kaku antara fiksi dan dokumenter lewat konstruksi cerita maupun kesadaran diri yang amat tinggi. Welles sendiri menyebut filmnya ini sebagai sebuah “film esei” mengingat konstruksinya yang tak biasa. Estetikanya bertumpu pada editing yang cepat (rapid cut) yang memperlihatkan sekilas dua kilas gambar sebelum berpindah ke gambar lain, dan dikatakan mempengaruhi “gaya MTV”.

Jika melihat posisi Orson Welles dari Citizen Kane sampai film ini dalam sejarah film dunia, ia bisa ditasbihkan sebagai ikon utama modernisme dalam film yang mengeksplorasi posisi pembuat film sebagai wakil dari subyek yang sadar akan media yang digelutinya, dan paham betul bahwa kesadaran itu akan terus terjadi sampai tingkat tak terhingga. Maka ia memilih menempatkan diri sebagai seorang pesulap, yang pada dasarnya adalah seorang yang bermain-main dengan persepsi penonton. Maka apa itu dusta dan apa yang bukan dusta? Semuanya adalah hubungan antara seorang artis dengan penikmat karya. Bagi saya, karya ini sepenting Citizen Kane.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s