Film dokumenter favorit: 89mm From Europe (Marcel Lozinski, 1993)

89mm from Europe Suatu pagi di stasiun di kota Brest, Polandia, sebuah kereta tiba. Para penumpang melongokkan kepala keluar jendela, beberapa bertanya: apakah kita sudah tiba di Moskow? Mereka berjalan dari Paris, harus melewati kota kecil itu. Di Brest, kereta berhenti sejenak. Para pekerja sibuk di kolong kereta, mereka harus mengganti roda kereta agar kereta bisa melanjutkan perjalanan. Bentang jarak rel kereta berbeda antara Eropa dan negara-negara bekas Uni Soviet. Perbedaan itu lebarnya 89 mm, dan itulah yang menjadi sudut penceritaan film dokumenter Marcel Lozinski ini.

Film ini bercerita tentang perubahan yang terjadi sesudah 1989, tahun dimana tembok Berlin runtuh, diiringi dengan Glasnost dan Perestroika. Negara yang pernah dikuasai oleh Uni Soviet sedang menjadi bagian Eropa, dan 89mm perbedaan ini menjadi sebuah monumen kecil di kota Brest, dan Lozinski mencatat dengan jeli perubahan itu lewat hal kecil dan sesuatu yang rutin dan sehari-hari, sekalipun kita paham bahwa di balik perbedaan 89 milimeter itu, banyak yang turut berubah dan bergerak.

Dalam gambar hitam putih dengan fotografi yang sederhana, Lozinski sedang bercerita amat banyak tentang dua dunia yang sedang menyatu. Perhatikan percakapan anak kecil yang bertanya kepada para pekerja: “tanganmu berdarah, kau banyak sekali bekerja”. Demikianlah gambaran perubahan besar dalam hidup sehari-hari: semua berjalan biasa saja dan sang pekerja, alih-alih menjawab, ia tertawa dan minta agar dicium saja oleh anak lucu itu. Mungkin inilah salah satu cara mencatat dan memahami drama perubahan, dengan apa yang terjadi sesudahnya saat debu sudah reda dan reruntuhan sudah disapu. Segala kembali rutin dan pagi terasa biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s