Film Pendek Indonesia Hingga Kini – Stop Human Cloning (Wahyu Aditya, @maswaditya)

Wahyu Aditya tidak percaya bahwa eksperimen terhadap manusia akan berakhir baik-baik saja. Para manusia hasil eksperimen bisa bertindak di luar kendali dan akhirnya mencelakai pembuatnya. Maka ia menyarankan agar kita menghentikan saja “human cloning” karena akibatnya akan fatal terhadap para pelaku eksperimen itu.

Dengan bentuk komedi, sebenarnya Stop Human Cloning bisa membawa ke mana saja, ke ide yang lebih berani dan kompleks. Namun tampaknya memang bukan itu tujuan film ini. Stop Human Cloning memang bicara dalam tataran yang naif dan sederhana. Karakter-karakter manusia buatan itu terlalu simplistik, satu dimensi dan masalah yang diletakkan kepada mereka juga bukan masalah yang matang.

Namun saya senang sekali pada bentuk stop motion yang dibuat oleh Wahyu Aditya ini. Menurut saya, kejenakaan menjadi elemen penting yang ada di sekujur karya ini. Jangan-jangan, kalau Nyak Abbas Akup membuat film stop motion pendek, ia akan membuatnya seperti ini. Jangan salah paham dulu dengan perbandingan ini.

Kita paham becandaan Nyak Abbas, pada film-filmnya yang populer, yang beredar di seputar paha dan dada. Logika yang Nyak Abbas gunakan juga linear dan simplistis karena ia sadar ia sedang bicara dengan para penonton bioskop kelas B-C-D di pasar-pasar tradisional yang becek di dekade 1980-an. Maka Nyak Abbas sering sekali menggunakan bahasa yang vulgar, baik bahasa dialog maupun bahasa gambar. Maka, maksud saya, karya Wahyu Aditya ini memang berkisar di wilayah karya seperti itu, sebuah kemungkinan yang sebenarnya menarik untuk dieksplorasi lebih jauh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s