Film Pendek Indonesia Hingga Kini – Pabrik Dodol, Ari Rusyadi (@arirusyadi)

Dengan cepat semacam romantisme dualisme ekonomi terbaca pada perendengan dua metode produksi dodol ini. Satu adalah produksi rumahan yang berskala ekonomi kecil, sedangkan satu lagi adalah model produksi pabrikan yang modern dengan skala ekonomi dan pasar yang lebih besar. Awalnya saya berharap bahwa Ari Rusyadi tidak sedang menampilkan dualisme model ekonom JH Boeke yang menandang Hindia Belanda terbagi dalam dua model produksi yang sama kuatnya: industri rumahan yang tak mengenal pembagian kerja dan abai terhadap ekspansi pasar (dan komunitas sebagai penopangnya), dan industri modern dengan mesin produksi dan manajemen yang kaku (dan masyarakat terorganisir sebagai landasannya). Namun ternyata romantisme Ari Rusyadi bahkan berjalan hingga ke aspek lain; perhatikan baik-baik.

Musik film ini juga mengandung dualisme: musik ritmis yang riang dan berkesan akrab dalam model produksi tradisional dan musik industrial yang kaku, dingin bahkan sedikit mengerikan dalam model produksi modern. Perhatikan juga senyum mengembang dan candaan para pekerja di pabrik tradisional di satu sisi serta suasana repetisi yang dramatis untuk menekankan sifat “moloch” mesin yang sudah tampil sejak film Metropolis-nya Fritz Lang (1927).

Saya juga ingin mencatat editing film ini yang amat taat menganut continuity ruang dan waktu model Hollywood pada bagian pertama dan kedua ketika masing-masing pabrik dodol itu direndengkan. Susunan close-up dan establish shoot memperlihatkan adanya kesatuan ruang-waktu yang padu dan kaku. Namun pada bagian tiga ketika kedua model produksi ini digabung, montase yang muncul juga mengesankan model montase menjelang klimaks film pada model neo-klasik Hollywood ketimbang montase yang asosiatif.

Namun saya amat menyukai ritme editing film ini, selain komposisi gambarnya yang luar biasa. Maka secara keseluruhan, pabrik dodol adalah sebuah tamasya audio visual yang manis dan menyenangkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s